Tentang Kami

Dinas komunikasi informatika persandian dan statistik daerah (KIPS) sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang membidangi penyebarluasan informasi, pengembangan dan pendayagunaan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) serta statistik dan persandian dituntut mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat secara transparan dan akuntabel di bidang komunikasi dan informatika. Dengan pelayanan tersebut upaya pemerataan informasi dan pemenuhan hak publik akan informasi dapat dilakukan. Dalam hal ini, diharapkan masyarakat lebih berdaya dalam memperoleh dan memanfaatkan infomrasi, yang dapat meningkatkan kesejahteraannya, sedangkan bagi jajaran pemerintah teruwjudnya implementasi e-government secara utuh menjadi tujuan yang diharapkan. Memperhatikan hal tersebut, kiranya berbagai media informasi perlu lebih diberdayakan dan didayagunakan dalam upaya penyebarluasan dan pemerataan informasi kepada masyarakat, disamping dengan tetap mendorong peran strategis potensi lembaga komuniksi masyarakat untuk dapat menjadi penyebar infomrasi sekaligus menjadi public relation di daerahnya. Pemerintah Daerah dalam menetapkan kebijakan dan melaksanakan pemerintahan dan pembangunan tentu memerlukan informasi yang tepat, mudah, dan cepat diakses, serta akurat. Untuk mengantisipasi kebutuhan tersebut, perlu dikembangan sinergi antara manajemen pemerintahan dan pemanfaatan teknologi informasi yang didukung keterhubungan jaraingan informasi yang mencakup seluruh institusi pemerintah..

Struktural

Nama                             : John F. Rembet, SH, M.Si

NIP                                  : 19630620 198403 1 002

Pangkat/Golongan     :Pembina Utama Madya, IV/d

Jabatan                         : Sekretaris Dinas 

 

Nama                             : Shintami Saleh, SE, M.M

NIP                                  : 19831017 201001 2 009

Pangkat/Golongan     : Penata Tingkat I, III/d

Jabatan                         : Analis Keuangan Pusat dan Daerah Muda

 

Nama                             : Meiske M. Terok, SE

NIP                                  : 19650328 198602 2 001

Pangkat/Golongan     : Penata Tingkat I, III/d

Jabatan                         : Kasubag Umum dan Kepegawaian

 

Nama                             : Dra. Ivonne R. J. Kawatu

NIP                                  : 19640706 199008 2 001

Pangkat/Golongan     : Pembina Tingkat I, IV/b

Jabatan                         : Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik

 

Nama                             : Meytha A. Runtukahu, S.Sos

NIP                                  : 19760516 200003 2 005

Pangkat/Golongan     : Penata Tingkat I, III/d

Jabatan                         : Pranata Humas Muda

 

Nama                             : Hesi V. Lumasuge, S.Sos, M.Si

NIP                                  : 19870907 201001 2 003

Pangkat/Golongan     : Penata, III/c

Jabatan                         : Pranata Humas Muda

 

Nama                             : Saladdin Al Ayuby, S.Kom

NIP                                  : 19800422 200604 1 013

Pangkat/Golongan     : Penata Tingkat I, III/d

Jabatan                         : Statistik Muda

 

Nama                             : Christian A. R. Iroth, SSTP

NIP                                  : 19800919 200012 1 002

Pangkat/Golongan     : Pembina, IV/a

Jabatan                         : Kabid Penyelenggaraan E-Government

 

Nama                             : Berlin T. Parulian, S.Sos

NIP                                  : 19811122 201001 1 007

Pangkat/Golongan     : Penata, III/c

Jabatan                         : Pranata Komputer Muda

 

Nama                             : Crets F. Bendah, S.Pd, M.M

NIP                                  : 19661028 199403 1 015

Pangkat/Golongan     : Pembina, IV/a

Jabatan                         : Pranata Humas Muda

 

Nama                             : Jefry E. Matindas, SE.Ak, MAP

NIP                                  : 19820407 200604 1 006

Pangkat/Golongan     : Penata Tingkat I, III/d

Jabatan                         : Analis Kebijakan Muda

 

Nama                             : Jeffry Freddy Kaligis, AP, M.Si

NIP                                  : 19741206 199311 1 002

Pangkat/Golongan     : Pembina Tingkat I, IV/b

Jabatan                         : Kepala Bidang Persandian

 

Nama                             : Huntoro, S.Si

NIP                                  : 19721119 200604 1 022

Pangkat/Golongan     : Penata Tingkat I, III/d

Jabatan                         : Sandiman Muda

 

Nama                             : Wenty A. Utiarahman, SE

NIP                                  : 19700926 200501 1 005

Pangkat/Golongan     : Penata Tingkat I, III/d

Jabatan                         : Manggala Informatika Muda

 

Nama                             : Debby E. B. Onibala, SH

NIP                                  : 19690116 199303 2 008

Pangkat/Golongan     : Penata Tingkat I, III/d

Jabatan                         : Sandiman Muda

  • Tugas Pokok
    Berdasarkan Peraturan Gubernur Sulawesi Utara Nomor 66 Tahun 2016 tentang Uraian Tugas Dinas KIPS Provinsi Sulawesi Utara mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik.
  • Fungsi
    Fungsi Dinas KIPS Provinsi Sulawesi Utara adalah berdasarkan Peraturan Gubernur Sulawesi Utara Nomor 6 Tahun 2011 tentang Perubahan Peraturan Gubernur Sulawesi Utara 63 tahun 2008 tentang Uraian Tugas sebagai berikut:
    a. perumusan dan pelaksanaan kebijakan komunikasi informatika persandian dan statistik daerah;
    b. mengkoordinasikan dan mengintegrasikan penyelenggaraan informasi dan komunikasi publik;
    c. perumusan dan pelaksanaan kebijakan koordinasi dan integrasi penyelenggaraan e-government pemerintah daerah;
    d. perumusan dan pelaksanaan kebijakan koordinasi dan integrasi penyelenggaraan persandian daerah;
    e. perumusan dan pelaksanaan kebijakan koordinasi dan integrasi pelaksanaan urusan pemerintahan dan pelayanan publik berbasis teknologi komunikasi dan informasi;
    f. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan sesuai dengan lingkup tugasnya;
    g. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya.

 

Tugas Dan Fungsi Bagian Skretariat DKIPS

  • Tugas
    Penyelenggaraan pelayanan administrasi umum dan kepegawaian, perencanaan dan keuangan serta tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan.
  • Fungsi
    1. Pengoordinasian, sinkronisasi dan integrasi pelayanan administrasi;
    2. Penyusunan perencanaan operasional dan pelaporan kegiatan;
    3. Penyelenggaraan urusan umum dan kepegawaian;
    4. Penyelenggaraan urusan perencanaan, keuangan dan pelaporan; dan
    5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Pimpinan.

 

Tugas Dan Fungsi Bagian Bidang Komunikasi Dan Informasi Publik

  • Tugas
    Pengelolaan komunikasi publik, pengelolaan informasi publik, kemitraan komunikasi dan informasi publik, pengelolaan data statistik serta tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan.
  • Fungsi
    1. Perumusan dan pelaksanaan kebijakan bidang komunikasi dan informasi publik;
    2. Pelaksanaan perencanaan komunikasi dan informasi publik;
    3. Pengoordinasian pelaksanaan komunikasi dan informasi publik;
    4. Penyelenggaraan urusan pengelolaan komunikasi dan informasi publik;
    5.Penyelenggaraan urusan kemitraan komunikasi dan informasi publik;
    6. Penyelenggaraan urusan pengelolaan data statistik;
    7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

 

Tugas Dan Fungsi Bagian Bidang Penyelenggaraan E-Government

  • Tugas
    Pemberdayaan teknologi informatika, infrastruktur teknologi informatika dan integrasi pengembangan aplikasi serta tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan.
  • Fungsi
    1. Pelaksanaan perumusan dan pelaksanaan kebijakan penyelenggaraan e-government pemerintah daerah;
    2. Pelaksanaan perencanaan dibidang penyelenggaraan e-government pemerintah daerah;
    3. Pengoordinasian dan integrasi penyelenggaraan e-government pemerintah daerah;
    4. Penyelenggaraan urusan pemberdayaan teknologi dan informasi;
    5. Penyelenggaraan urusan infrastruktur dan teknologi;
    6. Penyelenggaraan urusan pengembangan aplikasi; dan
    7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

 

Tugas Dan Fungsi Bagian Bidang Persandian

  • Tugas
    Pelaksanaan tata kelola persandian, operasional pengamanan persandian, dan pengawasan dan evaluasi penyelenggara persandian serta tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.
  • Fungsi
    1. Perumusan dan pelaksanaan kebijakan dibidang persandian;
    2.Perencanaan dibidang persandian;
    3. Pengoordinasian dibidang persandian;
    4. Penyelenggaraan urusan tata kelola persandian;
    5. Penyelenggaraan urusan operasional pengamanan persandian;
    6. Penyelenggaraan urusan pengawasan dan evaluasi tata persandian; dan
    7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.

VISI
Sulawesi Utara Maju Dan Sejahtera
Indonesia Maju.

 

MISI
1. Peningkatan Kualitas Manusia Sulawesi Utara;
2. Penguatan Ekonomi yang Bertumpu pada Industri Pertanian, Perikanan, Pariwisata dan Jasa;
3. Pembangunan Infrastruktur dan Perluasan Konektivitas;
4. Pembangunan Daerah yang Berkelanjutan Lingkungan;
5. Pemerintahan yang Baik dan Bersih Didukung oleh Sinergitas Antar Daerah.

 


Sitou timou tumou tou

Sitou timou tumou tou

"Manusia hidup untuk memanusiakan manusia lain"

Kontak Kami

Jl. 17 Agustus No.69, Teling Atas, Kec. Wanea, Kota Manado, Sulawesi Utara
(0431) 865559
dkips@sulutprov.go.id